Agar Jadi Anak Pemberani Bagian 1

pascal-edu.com – Hubungan yang sehat antara bayi dan orangtua akan menjadikannya sebagai anak pemberani. Menjalin hubungan yang sehat antara orangtua dan anak semenjak bayi patut mendapat perhatian. Mengapa? Hubungan yang sehat mampu menumbuhkan rasa aman pada bayi. Rasa aman dan diterima oleh lingkungan ini, terutama oleh Mama dan Papa, dibutuhkan oleh bayi untu membentuk fondasi perkembangan jasmani maupun rohaninya.

Jika pijakan ini kuat, di usia selanjutnya (balita, remaja, dewasa), si kecil bisa berkembang menjadi individu yang tidak takut menghadapi tantangan. Ia akan menjadi anak yang berani bereksplorasi, mencoba dan mempelajari hal baru, serta berkenalan dan bersosialisasi secara positif. Nah, untuk menjalin hubungan yang sehat antara MamaPapa dan si buah hati, ada 5 langkah yang dapat dilakukan. Apa saja? Yuk, simak kelima langkah tersebut dari ahlinya!

Pahami Gaya Komunikasi & Ekspresinya

Mama Papa hendaknya mampu memahami gaya komunikasi atau cara bayi mengekspresikan keinginannya agar mampu berempati dan memahami si buah hati. Bayi tidak bisa berbicara, tapi bayi bisa berkomunikasi dan umumnya komunikasi dilakukan melalui tangisan. Dengan demikian, bila diperhatikan, tangisan bayi pun berbeda maknanya. Ketika bayi lapar, tangisannya akan berbeda dengan ketika bayi sedang ingin dipeluk, ataupun tangisan tidak nyaman karena popoknya basah.

Itulah mengapa, Mama Papa harus mampu memahami gaya komunikasi bayinya agar dapat memberikan reaksi yang tepat, sehingga bayi pun merasa terpenuhi kebutuhannya. Ketika bayi menangis minta dipeluk dan dibelai-belai, maka Mama Papa akan memberikan pelukan dan belaian, bukan malah menjejali mulut bayi dengan makanan, misalnya.

Ketika terjadi salah pengertian dan respons yang diberikan pun salah, dapat dipastikan bayi akan merasa kesal dan tidak nyaman yang ditandai dengan suara tangisan yang semakin keras. Reaksi yang tepat dari Mama Papa mampu membuat bayi merasa aman dan nyaman dan ini akan menumbuhkan rasa percaya dirinya, karena ia merasa diterima dengan baik oleh lingkungannya.

Berikan Pengasuhan Responsif Dan Konsisten

Pengasuhan yang responsif adalah mampu bereaksi tepat sesuai dengan kebutuhan bayi, Mama Papa mengetahui dan mampu mengartikan tangisan buah hatinya. Sedangkan konsisten adalah teratur atau terjadwal. Dengan membuat rutinitas atau urutan kegiatan yang sama/teratur akan membantu bayi memahami setiap tindakan yang dilakukan. Bayi akan memahami apa yang bakal terjadi pada dirinya sesaat lagi, sehingga dia tidak merasa “terancam” oleh setiap tindakan yang dilakukan. Dengan demikian akan menciptakan rasa aman pada bayi kepada lingkungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *