Bibit Durian Sunan Terjamin dan Berkualitas Unggul

Kami menjual bibit durian sunan kualitas bagus dengan harga yang murah, tunggu apa lagi silahkan Anda pesan bibitnya.

Cara budidaya pohon durian sunan

Berikut ini merupakan cara – cara yang baik dan tepat apabila ingin membudidayakan pohon durian sunan :

Pemilihan bibit durian sunan

  • Bibit durian sunan hasil generatif (alami), hendaknya memilih bakal biji durian sunan yang matang di pohon dan jangan mengambil biji dari durian sunan yang matang terpisah dari pohonnya. Hal ini dapat mempengaruhi bakal pohon durian sunan nantinya. Pilih biji yang mempunyai bentuk yang bulat besar.
  • Bibit durian sunan hasil vegetatif (buatan), Bibit durian sunan yang diambil secara vegetatif ini kebanyakan hasil dari proses okulasi. Bibit durian sunan vegetatif ini banyak dijual di toko – toko bibit tanaman.

Persiapan lahan untuk penanaman bibit durian sunan

Lahan yang akan untuk digunakan penanaman bibit durian sunan ini sebaiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu dari rerumputan, sisa – sisa pohon tebangan, maupun gulma – gulma. Di sekitar daerah lahan juga harus dipersiapkan aliran drainase yang terstruktur agar tidak ada peristiwa tergenangnya air di daerah lahan. Kegiatan persiapan lahan ini lebih baik dilaksanakan sebelum musim penghujan datang.

Proses penanaman bibit durian sunan

Ukuran lubang tanam yang dibutuhkan untuk bibit durian sunan ini berukuran sekitar 80 x 80 x 70 cm namun bisa juga 70 x 70 x 60 cm. Ukuran lubang tanam untuk bibit durian sunan ini disesuaikan dengan kondisi tanahnya. Lubang tanam ini nantinya akan dibiarkan selama 2 – 3 minggu. Jangan lupa lubang tanam tersebut ditutup dengan tanah galian pertama dan tanah galian tersebut campurkan dengan pupuk kandang organik sebanyak 30 kg/lubang.

Penanaman bibit durian sunan ini dilakukan pada sore hari agar tidak terkena langsung paparan sinar matahari. Proses penanaman bibit ini biasanya dilakukan pada musim hujan. Bibit durian sunan ini ditanam sekitar 5 cm diatas pangkal batang penyangga, kemudian bibit durian sunan tersebut ikatkan pada batang penyangga yang lurus agar nantinya pohon durian sunan ini dapat tumbuh tegak. Bibit pohon durian sunan yang baru ditanam ini harus diberi semacam naungan untuk melindungi dari aliran hujan yang deras dan sengatan sinar matahari yang berlebihan. Naungan ini nantinya akan dibongkar apabila bibit durian sunan ini sudah berumur 3 – 5 bulanan. Tanah di sekitar bibit durian ini dianjurkan ditutupi oleh tumpukan rumput atau jerami sehingga kelembaban tanah tetap stabil.

Bibit durian sunan milik kami dijamin terbebas dari serangan berbagai penyakit dan hama.

Tahap pemeliharaan bibit durian sunan

  • Tahap penyiangan, pastikan lakukan penyiangan terhadap bibit durian sunan yang baru ditanam agar bibit durian terbebas dari gulma sehingga pertumbuhan dan perkembangan bibit durian sunan ini tidak akan terhambat.
  • Tahap penyiraman, hal – hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyiraman :
  1. Penyiraman awal bibit durian sunan ini sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari , siram dengan air yang cukup dan jangan sampai terjadi penggenangan.
  2. Kebutuhan air yang diperlukan untuk bibit durian sunan ini adalah sekitar 4 – 5 L/hari. Apabila sudah berusia dewasa kebutuhan air mencapai 10 – 12 L/hari.
  3. Setelah bibit durian sunan ini berusia 1 bulanan, penyiraman air dilakukan sebanyak 3x dalam seminggu. Karena biasanya bibit durian sunan ini sudah menunjukkan bakal buah nya.
  4. Penyiraman air pada pohon durian sunan ini usahakan jangan sampai terlambat karena bisa menyebabkan pohon durian kehilangan bakal buahnya.
  5. Bila nantinya pohon durian sunan sudah melalui proses panen kebutuhan air nya akan meningkat secara drastis. Ini dikarenakan pohon durian perlu air untuk memulihkan kondisi nya menjadi normal kembali.
  • Tahap pemupukan, pemupukan bibit durian sunan ini bisa dilakukan dengan dosis – dosis tertentu sesuai dengan umurnya , berikut adalah contohnya (penggunaan pupuk jenis NPK) :
  1. Bibit durian sunan usia 1 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 40 gram – 80 gram per pohonnya untuk 1 tahun.
  2. Bibit durian sunan usia 2 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 150 gram – 300 gram per pohonnya untuk 1 tahun.
  3. Bibit durian sunan usia 3 tahun – 4 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 400 gram – 600 gram per pohonnya untuk 1 tahun.
  4. Untuk usia seterusnya bisa digunakan pupuk jenis kompos saja (pupuk organik) setahun sekali pada saat akhir musim hujan dengan dosis 15 – 20 kg per pohonnya.

Anda mulai tertarik dengan bibit durian sunan kami ? Langsung saja hubungi contact person yang tertera di website utama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *