Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Fotocopi STNK Lama

Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Fotocopi STNK Lama

Jika STNK kendaraan bermotor kamu hilang, tentu saja kamu akan bingung dan tidak tahu apa yang harus kamu lakukan agar STNK kamu dapat kembali. Karena kalau kamu tidak memiliiki STNK kamu pasti takut dalam bepergian karena kamu bisa saja ditilang karena tidak memiliki surat yang lengkap.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah kamu harus mengurus STNK baru untuk menggantikan STNK kamu yang telah hilang. Namun, hal pasti muncul dalam benak kamu adalah “bagaimana jika saya tidak punya fotokopi STNK, karena saya tidak sempat memfotocopi STNK kendaraan bermotor saya?” Kamu tidak perlu khawatir akan hal itu karena kamu bisa saja mengurus STNK pengganti tanpa adanya fotokopi STNK asli.

Cara Mengurus STNK Hilang

Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Fotocopi STNK Lama

Pada dasarnya, cara mengurus STNK hilang tapi masih memiliki fotocopianya dengan yang tidak tidak jauh berbeda. Paling hanya langkah di awal saja yang berbeda. Jika tidak punya fotocopian STNK lama, paling hanya menyiapkan dokumen pengganti saja. yang penting, jangan urus STNK hilang dengan menggunakan calo. Berikut cara mengurus STNK hilang tanpa fotocopian.

 

  • Minta surat keterangan kehilangan dari kepolisian

 

Jika STNK kendaraan bermotor kamu hilang segara datangan kantor polisi untuk meminta surat keterangan kehilangan untuk persyaratan pembuatan STNK baru.

 

  • Siapkan berkas yang dibutuhkan untuk keperluan administrasi

 

Dalam membuat STNK pengganti, kamu memerlukan beberapa berkas yang harus kamu bawa, diantaranya/;

  • KTP pemilik kendaraan yang hilang (asli dan fotocopi)
  • Fotokopian STNK yang hilang (jika ada)
  • Surat keterangan kehilangan STNK yang telah kamu buat di kantor kepolisian

 

  • Minta fotocopi BPKB motor kamu dan/atau surat pengantar dari dealer

 

Jika kendaraan kamu masih dalam status kredit pasti kamu belum mendapatkan BPKB, dan yang perlu kamu lakukan untuk hal ini adalah kamu datang ke delaer tempat kamu kredit kendaraan bermotor kamu dan minta fotokopi BPKB kendaraan kamu. Selain fotokopi BPKB, kamu juga perlu meminta surat pengantar dari dealer untuk mengajukan pembuatan STNK pengganti untuk STNK kamu yang hilang.

 

  • Legalisir fotokopi BPKB dari dealer tempat kamu membeli kendaraan kamu di kantor polisi

 

Sebelum membawa semua berkas yang dibutuhkan ke kantor Samsat, kamu perlu melegalisir terlebih dahulu fotokopi BPKB yang telah kamu minta dari dealer di kantor polisi. Caranya hanya dengan datang ke kantor polisi dan masuk di bagian pengesahan dengan membawa fotocopi BPKB yang hendak dilegalisir yang sesuai dengan KTP pemilik kendaraan bermotor.

 

  • Datang ke kantor Samsat

 

Setelah semua berkas penuh dan terlangkapi, langkah yang harus kamu tempuh selanjutnya adalah datang ke kantor Samsat untuk proses pembuatan STNK pengganti. Adapun langkah-langkah pembuatan STNK baru adalah sebagai berikut:

  1. Cek fisik kendaraan bermotor kamu
  2. Mengisi formulir pendaftaran selengkap mungkin disusul dengan pengumpulan berkas yang diperlukan
  3. Mengurus surat cek blokir
  4. Menyerahkan surat keterangan kehilangan STNK dari kantor kepolisian beserta berkas lainnya di loket pembuatan STNK baru
  5. Membayar pajak tahunan kendaraan bermotor, jika sudah maka kamu bisa melewati tahap ini
  6. Membayar biaya pembuatan STNK baru di bagian kasir
  7. Tunggu panggilan untuk mengambil STNK baru dan SKPD kendaraan bermotor kamu.

Demikian beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat STNK kamu yang hilang jika kamu tidak memiliki fotocopian STNK kendaraan bermotor yang telah hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *