Cara Mudah Menangani Bayi Yang Mengalami Kolik

Jika bayi Anda usianya kurang dari 5 bulan menangis sepanjang hari, ia menangis tiga jam berturut-turut atau lebih dan sudah di alami lebih dari satu minggu, kemungkinan bayi Anda kolik.

Jika memang Anda ragu dan agak bimbang, segera bawa ke dokter untuk lebih meyakinkan. Anda juga bisa baca artikel berikut ini: kolik pada bayi.

Menangani Bayi Yang Mengalami Kolik

Anda juga bisa mencoba cara mudah mengatasi kolik pada bayi di bawah ini agar si kecil cepat sembuh dan bisa bermain seperti biasanya:

1. Periksa botol air minum bayi

Jika saat ini bayi Anda minum susu dari botol, bersihkan botol dan sterilkan, pastikan saat minum susu tidak terlalu banyak hawa yang masuk dari botol ke dalam mulut bayi caranya dengan memiringkan botol susu bayi Anda secara perlahan.

Puting pada botol harus mempunyai lubang yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Jika terlalu kecil bisa menyebabkan bayi meyedot botol tidak mendapatkan banyak susu tetapi justru banyak udara yang di hirup dari mulut. Jika terlalu besar bisa menyebabkan susu menyembur terlalu cepat dan menyebabkan bayi tersedak.

Saat ini banyak model botol yang dirancang spesial untuk kurangi bayi menelan udara pada saat menyusu. Ada yang di desain melengkung, ada juga yang mempunyai ventilasi internal ataupun liners yang akan membuang gelembung udara pada botol.

2. Memberikan susu botol bayi dengan tegak
Anda bisa coba memegang bayi Anda lebih tegak sepanjang menyusui agar susu formula atau ASI lebih lancar masuk ke dalam perut bayi. Jika bayi mempunyai kebiasaan meringkuk atau membungkuk ini akan bisa menyebabkan banyak udara dan hawa di dalam perutnya yang bercampur makanan.

3. Jangan memberikan makan saat bayi menangis
Berikan makan atau susu bayi Anda sebelum ia kelaparan dan menangis. Jika bayi Anda menangis karena kelaparan dan langsung Anda berikan ASI atau susu formula maka akan menyebabkan kemungkinan lebih banyak hawa yang akan masuk kedalam perut bayi. Yang tidak kalah penting berikan ASI atau susu formula pada kamar yang tenang dan tidak berisik bahkan bisa mencoba matikan lampu, menyetel musik lembut yang di sukai bayi.

4. Membuat bayi Anda bersendawa
Bersendawa saat makan akan menolong dan mengeluarkan gelembung dalam perut bayi, cobalah membimbing bayi Anda agar bisa bersendawa. Jangan menunggu saat bayi Anda sudah kenyang baru bersendawa. Anda bisa merubah beberapa posisi saat bayi Anda minum ASI agar bayi Anda bisa bersendawa dengan sendirinya.

5. Mengatur pola makan Anda lebih baik
Jika Anda merasa bayi Anda sangat sensitif terhadap ASI yang Anda hasilkan, cobalah menghindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan kolik pada bayi karena terlalu banyak gas seperti keju atau yoghurt. Cobalah tidak makan seminggu dan apakah ada perubahan.

6. Membuat obat alami untuk Kolik
Orangtua kita sudah sejak lama menggunakan obat alami untuk menyembukan berbagai sakit pada bayi, untuk kolik bisa mencoba menyeduh teh herbal atau bahkan adas.

Jika Anda ragu, bisa bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman atau pakar herbalis untuk dosis yang lebih tepat. Banyak Ibu yang menyebutkan dengan menyeduh teh herbal untuk bayi akan lebih baik dan bayi lebih nyaman. Anda bisa mencoba jalan keluar mengatasi kolik yang lain.

Riset yang munkin sudah lama tetapi banyak membenarkan bahwa tetes pobiotik bisa menolong dan mengurangi bayi dari derita kolik.

Lactobacillus reuteris yaitu probiotik yang sudah dipelajari untuk pertolongan kolik pada bayi. Jika Anda ragu, bisa berkonsultasi dengan Dokter bayi Anda.

7. Pijat bayi Anda
Menggosok perut bayi dengan lembut bisa menolong menyingkirkan gas atau setidaknya menolong perut bayi Anda menjadi lebih baik. Anda dapat juga coba meletakkan bayi di lutut Anda dengan di berikan alas, posisi perut di bawah dan Anda bisa menyeka punggungnya dengan lembut.

8. Pakai botol air hangat
Isi botol air panas dengan air hangat serta bungkus dalam handuk. Tempatkan di perut Anda serta biarlah bayi Anda berbaring diatas Anda. Berhati-hatilah dan jangan membuat air terlampau panas karena bisa membahayakan bayi Anda.

9. Coba dengan situasi yang baru
Bila Anda terus menerus didalam ruangan, Anda bisa membawa bayi Anda untuk berjalan-jalan, baik di kereta dorong atau menggunakan gendongan sling atau paket depan. Panorama baru, nada serta bau bisa mengalihkan perhatiannya serta hawa fresh serta gerakan memiliki irama jalan bisa menenangkannya serta sangat mungkin dia untuk tidur. Tetapi jangan terlalu berlebihan karena juga tidak bagus untuk bayi.

10. Mengharumkan lingkungan
Sebagian bayi merespon dengan baik karena aroma. Aromatherapists meningkatkan formula minyak esensial dan Anda bisa mencobanya agar bayi bisa sangat tenang dan tidak terlalu gelisah dan terus menangis.

11. Mandikan bayi Anda
Mandi hangat saat bayi mengalami koli bisa mengalihkan perhatian serta bayi akan lebih rileks. Air yang hangat juga bisa membantu bayi Anda lebih nyaman dan merasa lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *