Harga Bibit Durian Sunan Paling Murah Area Kediri

Kami selaku supplier bibit durian sunan menyediakan harga bibit durian sunan yang paling terjangkau untuk dompet Anda jadi jangan takut mahal saat memesan.

Tahap penjarangan buah durian sunan

Penjarangan buah ini dilakukan agar pohon durian sunan nantinya tidak mati karena proses pembuahan yang memerlukan energi yang banyak. Penjarangan buah durian sunan ini berlangsung bersamaan dengan pengguguran bunga oleh pohon durian sunan. Apabila pengguguran bunga selesai saat itu juga harus segera dilakukan penjarangan buah. Syarat penjarangan buah durian sunan secara mekanis dilakukan sebagai berikut :

  • Pada saat buah durian sunan mulai sebesar bola tenis, tiap dompol terdiri dari 1 – 2 buah dengan bentuk yang normal, sehat, dan bebas dari hama dan penyakit.
  • Buah durian sunan tidak saling bersinggungan dan membentuk jarak antar dompol masing – masing 20 cm – 30 cm.

Berikutnya adalah syarat penjarangan buah durian sunan secara kimiawi, penjarangan secara kimiawi ini dilakukan dengan menyemprotkan sebuah hormon ( namanya Auxin A ). Pada saat bunga pohon durian sunan sudah mulai terbuka dan siap dibuahi, hormon ini disemprotkan. Pada bunga yang mendapat semprotan ini akan terus melakukan proses pembuahan dan bunga yang tidak tersemprot akan mati dengan sendirinya lama – kelamaan.

Soal hama dan penyakit yang menyerang pohon durian sunan

Gejala buah durian sunan yang sudah terserang hama dan penyakit adalah jatuh dari pohonnya sebelum buah itu matang. Untuk mencegah hama dan penyakit menyerang pohon durian sunan biasanya dilakukan pengasapan bawah pohon pada sore hari (mengusir hama imago).

Panen buah durian sunan

Pohon durian sunan sudah siap dipanen apabila buah yang dihasilkan menunjukkan ciri – ciri sebagai berikut :

  • Ujung duri dari buah durian sunan yang dihasilkan berwarna coklat kehitaman.
  • Warna garin antara duri dari buah durian sunan terlihat kontras dan jelas.
  • Berbau khas aroma durian sunan.
  • Apabila buah durian sunan ini dipukul – pukul mengeluarkan bunyi gema.

Jika Anda mulai berminat dengan harga bibit durian sunan yang kami tawarkan , langsung saja hubungi contact person kami.

Durian sunan ini merupakan durian asli yang berasal dari daerah Boyolali. Durian sunan ini sering disebut juga sebagai durian gendol. Durian sunan ini sangat mudah untuk dibelah, memiliki berat sekitar 1,5 – 2,5 kg per buah nya. Daging buah dari durian sunan ini bersifat kering, berlemak , namun tebal. Tekstur daging buahnya sangat lembut dan mengeluarkan aroma yang khas. Pohon durian sunan dapat tumbuh di daerah yang mencapai ketinggian 400 – 600 mdpl. Pohon durian sunan dapat menghasilkan buah sampai 200 – 800 buah per pohon setiap tahunnya. Durian sunan ini terbilang tahan akan penyakit busuk dan hama penggerek. Pada zaman dahulu durian sunan ini hanya dikonsumsi oleh kaum bangsawan saja namun seiring majunya zaman durian sunan ini dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Pada saat ini penggemar durian sunan mulai mengalami peningkatan sehingga akan sangat menguntungkan bila mengadakan budidaya pohon durian sunan ini.

Sebenarnya ukuran buah durian sunan ini terbilang sangat kecil. Namun dengan ukuran yang kecil ini daging buah durian sunan ternyata tebal. Hal ini juga merupakan keunggulan tersendiri bagi durian sunan. Durian sunan ternyata memiliki turunan yang sekarang ini dalam pengembangan namanya adalah durian sunan turunan. Durian sunan turunan ini sebenarnya hampir sama dengan durian sunan namun yang membedakan hanya tempat tumbuh pohonnya saja. Daging buah durian sunan turunan ini berwarna keputihan, berukuran besar, dan memiliki bau yang sangat tajam. Rasanya cukup manis, gurih, lembut di mulut , dan kesat. Harga durian sunan turunan ini juga terbilang cukup murah dan banyak dijual di kota Banyumas. Namun durian sunan ini masih sedikit peminatnya dan kalah jauh dibandingkan dengan durian petruk yang sama – sama berasal dari Jawa Tengah. Buah durian sunan ini sering dijadikan sebagai buah segar (langsung makan) ataupun diolah sebagai jus, campuran es buah, bahkan kolak. Ada juga yang memanfaatkannya untuk dijadikan bahan dasar pembuatan dodol.

Harga bibit durian sunan yang kami tawarkan sudah paling murah diantara supplier – supplier lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *