Harga Kubah Masjid Panel Enamel Per Meter

Halo semuanya jumpa lagi dengan kami,masih Harga Kubah Masjid Panel Enamel Per Meter. Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi cerita mengenai sejarah berdirinya kubah dari masjid al a’zhom di Kota Tangerang.

Kubah masjid ini digambarkan seperti bangunan yang mengerucut ke atas. Mari kita sejenak, menapakkan pada sejarah masa lalu,dinyatakan bahwa pada zaman Mesopotamia,kubah ini mulai dikenalkan pada masyarakat yang hidup pada zaman dahulu,dengan begitu maka bisa dikatakan bahwa bangunan kubah ini telah ada sejak 6,000 tahun yang lalu.

Kubah Masjid dahulu nya bukan sebuah bangunan peradaban islam,melainkan digunakan sebagai sebuah dekorasi eksterior di berbagai gedung yang menjulang tinggi,hingga ke beberapa tempat peribadatan kaum non-muslim.

Selanjutnya,beberapa literatur juga menyebutkan bahwa tanda-tanda akan kemunculan kubah masjid yang sudah diperkirakan sebelumnya terjadi sejak pada zaman Roma kuno, yaitu pada masa imperium yang mana pada saat itu kerajaan Roma dipimpin oleh Raja Hadria. Harga Kubah Masjid Panel Enamel Per Meter

Berbicara soal kubah masjid,di Indonesia sendiri terdapat bangunan kubah masjid termegah yang berada di Kota Tangerang. Masjid ini dibangun diatas lahan dengan luas mencapai 2,25 hektare dan pada bangunan masjid ini mempunyai  luas bangunan mencapai 5.775 meter persegi,serta lahan parkir seluas 14.000 meter persegi.

Dengan luas demikian menjadikan masjid ini bergaya arsitektur menyerupai masjid di kawasan timur tengah,tak heran jika masjid ini merupakan masjid terbesar yang ada di Kota Tangerang. Adapun demikian masjid ini mempunyai corak warna dominan dengan warna biru langit dan juga mampu menampung jamaah sebanyak 15.000 orang.

Pada  bangunan monumen peresmian yang mana telah berdiri  tepatdi halaman depan masjid tertera bahwa peletakan batu pertama dalam pembangunan masjid  ini dilakukan pada tanggal 7 Juli 1997 oleh Walikota Tangerang yang menjabat saat itu yait bapaku H Djakaria Machmud bersama Ketua Panitia Pembangunannya yaitu bapak HMA Thahiruddin.

Pembangunan masjid ini  pun pada akhirnya selesai pada tanggal 28 Februari 2003 dan juga telah diresmikan oleh Menteri Agama RI pada saat itu yaitu bapak Said Agil Husin Al Munawar. Lalu pada waktu itu juga diadakan acara seremonial  untuk meresmikan masjid al A”zhom ,yang mana dilakukan pada tanggal 23 April 2003 oleh Walikota Tangerang saat itu H Moch Thamrin.

Menurut penuturan dari bapak Asrofi H Yusuf, yakni selaku Petugas Bagian Administrasi dan Perizinan Masjid Raya Al A’zhom, menyebutkan bahwa masjid berkubah besar ini selalu memiliki keunikan tersendiri,yakni tidak adanya sebuah tiang untuk penyangga,dan pada bagian masjid ini juga mempunyai struktur kubah induk di tengah dan ditopang oleh 4 kubah anak yang masing-masing berbentuk setengah lingkaran yang ada tepat di bawahnya sehingga cukup kuat menyangga kubah induk.

Kubah masjid tanpa penyangga ini mempunyai diameter mencapai 63 meter,yang mana dengan ini merupakan kubah masjid dengan diameter terbesar di dunia,” kata Yusuf. Selain itu juga terdapat  5 kubah yang mana hal ini menunjukkan tentang 5 rukun islam dan juga sholat 5 waktu.

Sementara pada bagian sisi kunbah ini terdapat 4  jenis ikubah anak yang masing-masing tertulis di kaligrafi dengan indah ayat-ayat suci Al Quran diantaranya pada sisi kubah barat bertuliskan Surat An Nur ayat ke 35, Al Baqarah ayat ke 255, dan Al Baqarah ayat ke 284-285. Lalu bagian kubah sebelah selatan bertuliskan Surat At Taubah ayat ke 105, An Nahl ayat ke 97, Ali Imron ke ayat 112, An Nisa ayat ke 32, dan Al An’am ayat ke 132-133.

Sekian dahulu penjelasan dari admin web Harga Kubah Masjid Panel Enamel Per Meter tentang kubah masjid Al A’zhom di Kota Tangerang,semoga dengan informasi di atas dapat menambah wawasan anda semuanya.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *