Ini Saham yang Untung Bila Minyak Naik

Pajak minyak dunia mulai menajam. Banyak pengamat yang menjangka harga minyak bisa balik mencapai US$ 100 dari barel tahun depan. Sesuatu ini menjadi sentimen afirmatif bagi emiten yang bisnisnya terkait minyak dan udara (migas), seperti PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). “Harga minyak naik, otomatis harga jual naik, jadi meningkatkan kinerja, ” terbuka analis Artha Sekuritas Juan Harahap, Selasa (25/9). Migas memang merupakan kontributor terpenting pendapatan MEDC. Dari pertimbangan MEDC di semester I-2018 yang mencapai US$ 578, 58 juta, se- kitar US$ 461, 66 juta atau setara 80%, adalah pendapatan bisnis migas. Penyisipan harga minyak juga hendak memoles prospek emiten dalam sektor pendukungnya. Contoh, PT Elnusa Tbk (ELSA).

“Perbaikan sudah kinerja terlihat, ELSA sudah menunjukkan perbaikan dengan cukup positif terutama pada dua tahun terakhir itu, ” imbuh Aditya Pertama Putra, analis Semesta Indovest. Karena itu, Aditya berpendapat saham ELSA menarik buat ditransaksikan dalam jangka cepak. Dia menyarankan investor menyambut dan masuk ke ELSA saat harganya turun di rata-rata Rp 200 masing-masing saham, dengan target pajak Rp 400 per sumbangan.

Kemarin, harga aham ELSA ditutup di Rp 368 per saham. Perusahaan perkapalan yang kapalnya digunakan guna mengangkut minyak juga bakal diuntungkan, seperti PT Soechi Lines Tbk (SOCI). Kompetensi emiten perkapalan ini pula sudah membaik di masa dua hingga tiga tahun belakangan. Sementara, Juan menyarankan saham MEDC untuk poin panjang. Secara teknikal, bidikan harga MEDC berada pada level Rp 980 tiap-tiap saham. Pada perdagangan kemarin, harga MEDC akhirnya dilego di Rp 980 bagi saham. Cuma, tak tunak kenaikan harga minyak jadi sentimen positif bagi emiten. Sebab, kenaikan harga minyak juga bisa menyebabkan pangkat bahan baku merangkak bertambah. Pada akhirnya, industri dengan keseluruhan terkena dampak & mengalami penurunan margin. Itu terutama akan terjadi bila emiten tidak bisa menyusun harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *