Jual Bibit Matoa Harga Murah Siap Tanam

Matoa (Pometia pinnata) merupakan sebuah tanaman atau juga bisa di sebut buah yang sangat khas di kawasan Papua, buah yang satu ini merupakan buah yang tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata mencapai hampir lebih dari 20 meter dengan diameter rata-rata maksimum mencapai 200 cm dan pada umumnya buah matoa ini dapat berbuah sekali dalam setahun dan juga dapat berbunga antara bulan Juli sampai bulan Oktober dan dapat berbuah hingga 3 atau 4 bulan kemudian. Jual Bibit Matoa Harga Murah Siap Tanam

Jual Bibit Matoa Harga Murah Siap Tanam

Penyebaran buah matoa cukup di bilang sangat lah luas,tak hanya di temapt asalnya yaitu di Papua,bahkan matoa ini juga dapat di temukan di hampir seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian mencapai ± 1500 m dpl yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Pohon matoa ini sangat tumbuh baik pada daerah yang mempunyai kondisi tanah yang sangat kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang sangat tebal. Pohon Matoa ini dapat di tanamam pada daerah yang mempunyai Iklm dengan curah hujan yang sangat tinggi (>1200 mm/tahun).

Di Papua sendiri ba telah dikenal ada 2 (dua) jenis matoa, yaitu Matoa Kelapa dan juga Matoa Papeda. Ciri yang membedakan keduanya adalah terdapat pada tekstur buahnya, untuk jenis Matoa Kelapa di cirikan oleh daging buah yang agak kenyal dan juga mudah sekali nglotok seperti halnya rambutan aceh atau rambutan binjai, mempunyai diameter buah  antara 2,2-2,9 cm dan diameter biji nya berkisar 1,25-1,40 cm. Sedangkan Matoa Papeda di cirikan oleh tekstur daging buah yang agak lembek dan sangat juga lengket pada kulit dalam nya,mempunyai diamater buah mencapai 1,4-2,0 cm. tak han ya perbedaan tersebut namun juga ada lagi yang membedakan kedua jenis matoa tersebut yaitu pada bagian warna buah, baik Matoa Kelapa mapun Matoa Papeda dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu matoa merah, kuning, dan juga matoa hijau muda.

Buah matoa kelapa dapat di konsumsi secara lansung ketika sudah matang yang mana pada saat itu buah matoa kelapa mempunyai cita rasa buah ini sangat khas seperti rasa rambutan  yang sudah bercampur dengan kelengkeng dan sedikit ada rasa durian. Karena rasa dan aroma yang dikandungnya membuat matoa memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi,hal itu merupakan suatu kegembiraan tersendiri bagi masyarakat Papua. Harga jual rata-rata mencapai Rp. 40.000/kg bahkan sering lebih dan tidak pernah murah, bahkan buah matoa ini telah banyak dipesan peminat yang berada di luar Papua sebagai oleh-oleh khas dari papua. Bila sedang musim panen,maka buah matoa bini juga anyak dijual di pasar-pasar, pedagang kaki lima, maupun dijual di tepi jalan. Buah matoa mempunyai kulit buah relatif tebal dan cukup keras sehingga dapat tahan lama jika disimpan yaitu bisa disimpan hingga kurang lebih antara 1 minggu tanpa adanya sebuah perlakuan khusus berupa pengawetan dan jika disimpan dalam suhu yang berkisar 5-10oC  maka buah matoa ini dapat dipertahankan hingga 20 hari kedepan tanpa adanya bantuan dari mesin pendingin/freezer. Tanaman matoa ini dapat diperbanyak dengan cara menggunakan biji, cangkok, stek maupun sambung pucuk. Pada perbanyakan dengan biji sebaiknya terlebih dahulu di lakukan penyesmaian yang di lakuakn di dalam polybag atau juga bisa di lakukan penanaman dengan cara cangkok,hal utama yang harus di perhatikan ialah pohon matoa haruslah memepunyai batang pohon yang kuat dan keras,hal itu dapat di wajibkan apabila telah dilakukan pemindahan ke lapangan/kebun maka pohon magtoa ini tidak matiu. Pada masa tnama jarak antara tanam yang umum adalah 8 sampai 12 meter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *