Komponen Pada Genset dan Fungsinya

Komponen Pada Genset Diesel

Komponen Pada Genset Diesel – Apabila anda mengetahui tiap bagian dari komponen pada mesin genset dan anda juga mengetahui fungsi dari setiap komponen tersebut, tentu anda akan dengan mudah memperbaiki genset anda apabila terjadi masalah. Sehingga anda tidak perlu memanggil teknisi atau mendatangi toko genset di mana anda membelinya.

Komponen Pada Genset Diesel

Kerusakan pada setiap bagian mesin genset tentu berbeda dalam menanganinya. Untuk mengantisipasi mesin genset yang baru anda beli mengalami kerusakan, tentu anda harus mengecek setiap komponen sebelum anda membelinya. Anda dapat membeli genset di supplier genset manado, karena kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi.

Komponen Mesin Genset serta Fungsinya

  1. Mesin

Pada semua generator, mesin merupakan sumber energi input mekanis.

  1. Alternator

Alternator dikenal juga sebagai genhead, yaitu sebuah bagian dari generator yang dapat menghasilkan listrik dari mesin. Alternator ini berisi rakitan bagian-bagian diam serta bergerak yang terbungkus. Komponen tersebut bekerja sama untuk menghasilkan gerakan relative antara medan magnet dan listrik yang pada akhirnya menghasilkan listrik.

  1. Sistem Bahan Bakar

Penampung atau tangki bahan bakar merupakan bagian dari dasar skid generator atau pada bagian atas bingkai generator. Memiliki ukuran tangki yang sesuai dengan kapasitas genset.

  1. Voltage Regulator

Voltage regulator merupakan komponen yang mengatur keluaran dari generator.

  1. Exhaust Sistem serta Pendingin

Mesin genset yang digunakan terus-menerus dapat mengakibatkan beberapa komponen memanas. Untuk itu diperlukan sebuah pendingin.

Mesin genset dilumasi oleh minyak yang tersimpan dalam pompa. Perlunya pelumasan pada mesin genset karena untuk memastikan operasi daya tahan mesin serta mesin akan tetap halus untuk jangka waktu yang lama.

  1. Charger Baterai

Karena genset dioperasikan dengan baterai. Sehingga baterai berfungsi sebagai suplier listrik awal saat pertama kali mesin genset dihidupkan

  1. Control Panel

Control panel merupakan komponen dari gennset yang digunakan untuk mengatur beberapa ketentuan untuk outlet listrik serta control.

Dengan mengetahui setiap komponen dari mesin genset sekaligus mengetahui fungsinya, maka anda tidak akan merasa kebingungan saat mengoperasikannya. Harus diakui juga bahwa membeli genset merupakan salah satu bentuk investasi untuk mendukung kelancaran usaha anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *