Tips Dalam Mencuci Karpet Masjid

Karpet masjid juga harus selalu dijaga kebersihan dan kesuciannya, mengingat masjid sendiri merupakan tempat ibadah. Jadi, bukan hanya keindahan dan kerapiannya saja yang harus diperhatikan. Meskipun demikian, selain toko juga ada usaha yang menawarkan jasa pencucian karpet masjid, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin mencuci karpet.

Tips Dalam Mencuci Karpet Masjid

Seperti halnya toko yang jual karpet masjid di Bekasi juga membuka jasa pencucian karpet masjid. Jadi, warga sekitar sana tidak perlu khawatir dan kesulitan dalam melakukan perawatan dan pencucian karpet. Mencuci karpet masjid sebanarnya bukan pekerjaan yang mudah mengingat karpet sendiri mempunyai ketebalan dan berat yang lebih.

Tips Mencuci Karpet Masjid dengan Benar

Pada dasarnya, Anda bisa mencuci karpet masjid sendiri jika mau, namun masih membutuhkan dua atau lebih orang. Hal itu disebabkan berat karpet tidak bisa dianggat oleh seorang saja dan membutuhkan banyak tangan manusia agar cepat selesai dan tetap bersih. Berikut adalah tips serta langkahnya:

Gantung karpet pada tempat khusus

Alangkah baiknya sebelum mencuci karpet, Anda membuat gantungan atau jemuran khusus yang kuat dan tinggi khusus untuk karpet. Karpet mempunyai berat dan lebar yang cukup tinggi sehingga tidak bisa digantung pada jemuran biasa. Hal itu bertujuan agar karpet mudah dibasahi dan dibersihkan saat dicuci.

Semprot karpet dengan air yang banyak dan bertekanan tinggi

Karpet yang disemprot dengan tekanan yang tinggi akan mudah basah dan tidak membutuhkan banyak waktu jika dibandingkan dengan membasuhnya dengan gayung dan sebagainya.Seprotan yang besar dan bertekanan tinggi membuat kotoran yang ada dalam karpet mudah terangkat, sehingga bisa meminimalisir proses pembersihan selanjutnya.

Gunakan sabun khusus untuk karpet

Sebainya gunakan sabun khusus untuk membersihkan karpet agar tidak merusak kualitasnya. Kini sabun khusus tersebut bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia termasuk di toko yang jual karpet masjid di Bekasi dan sekitarnya. Jadi, jangan gunakan detergen pakaian yang justru dapat merusak serat karpet dan lebih boros.

Gosok karpet menggunakan sikat yang halus

Setelah menyabunnya secara keseluruhan, kemudian gosok permukaan karpet menggunakan sikat yang halus. Hal itu bertujuan agar noda membandel dan kotoran lainnya bisa hilang dan terangkat serta tetap menjaga serat kain dalam karpet. Terlebih lagi karpet tersebut mempunyai permukaan yang halus dan berbulu, sehingga harus dilakukan dengan hati-hati.

Jemur di tempat yang aman dan cukup dianginkan

Setelah bersih dan dibilas, seanjutnya jemur karpet di tempat yang aman, khususnya yang jauh dari jangkauan binatang dan lain sebagainya untuk menjaga kebersihan dan kesuciannya. Selain itu juga cari jemuran yang tidak terkena panas sinar matahari secara langsung karena itu akan merusak warna pada karpet. Jadi, sebaiknya hanya cukup diangin-anginkan saja di tempat jemuran.

Hilangkan bau tidak sedap dengan baking soda

Jika karpet masjid masih terdapat bau yang tidak sedap, Anda bisa menaburinya dengan baking soda secukupnya di permukaan karpet masjid untuk meminimalisir bau tersebut. Kemudian biarkan selama beberapa menit agar penawarnya bekerja. Setelah itu, karpet harus tetap dibersihkan kembali menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kandungan baking soda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *