Tips Membangun Bisnis Untuk Pemula

Tips Membangun Bisnis Untuk Pemula – Zaman sekarang menjadi seorang pebisnis merupakan salah satu profesi yang banyak dilirik. Jika anda perhatiakan tanah – tanah dan juga sawah yang dulunya kosong sekarang banyak berubah menjadi bangunan, bangunan bisnis alias usaha. Ya menjadi pebisnis memanglah salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Anda sebagai owner dapat memantau secara langsung bisnis yang sedang berkembang dan bersaing ketat saat ini.

Tips membangun bisnis untuk pemula

Berbagai macam bisnis mulai bermunculan seperti industri pabrik, industri retail, maupun pakaian atau yang biasa dikenal, distro. Namun tak sedikit bisnis yang gulung tikar karena tak dapat mengikuti perkembangan zaman yang begitu pesat. Para pebisnis haruslah bisa mencari inovasi dan kreaitifitas untuk menjawab segala tantangan dalam dunia bisnis, agar bisnis anda bisa berkembang dan sukses, dan yang pasti bertahan lama. Selain itu kualitas dan pelayanan yang bagus adalah hal utama yang mana pelanggan tak mau kehilangannya. Berikut adalah beberapa tips menjadi pebisnis:

3 tips menjadi pebisnis

  1. Lakukan analisa dari pesaing usaha

Sebelum menjadi pebisnis ada baiknya anda melakukan analisa dari pesaing usaha yang akan anda bangun. Lihatlah bagaimana orang – orang yang telah membangun bisnis sebelum anda menjalankan bisnisnya. Lihatlah kendala yang mereka hadapi, dan cara mereka menyelesaikan masalah tersebut.

Hal yang umum namun sepele adalah padamnya listrik disuatu tempat membuat bisnis menjadi loyo. Ada baiknya anda membeli genset di toko yang jual genset yanmar 30 kva, 40 kva, atau 50 kva untuk suplai listrik ketika listrik padam. Dengan begitu bisnis anda tidak akan loyo. Dengan begitu bisnis anda paling terlihat dan serius dalam melayani masyarakat, pelanggan andapun tidak lari ke tempat lain.

  1. Pelayanan yang bagus

Pelayanan yang bagus sudah pasti harus anda berikan kepada pelanggan. Menjadi pendengar dan pemberi solusi yang baik adalah salah satu hal yang patut dilaksanakan semua pegawai anda kepada konsumen. Namun bagaimana bila kendala bukan muncul dari pegawai namun dari sistem bangunan bisnis anda. Tak jarang layanan fasilitas ini tidak diperhatikan para pebisnis, padahal kenyamanan konsumen sebagian besar datang dari fasilitas yang anda berikan.

Sediakanlah pendingin ruangan di usaha anda agar pelanggan merasa betah dan nyaman. Pastikan juga anda memiliki genset dari tempat toko genset surabaya dan sekitarnya atau dimanapun anda berada. Hal ini sangatlah penting agar saat terjadi pemadaman listrik terjadi usaha anda tidak akan menemui kendala. Sehingga pelanggan akan tetap merasa nyaman dan aman.

  1. Pahami resiko

Sebagi seorang pebisnis menganalisa resiko adalah hal yang sangat krusial, karena hal ini lah yang menentukan apakah usaha anda akan maju atau akan mundur. Anda dapat mempelajari dengan riset pasar atau melihat pebisnis yang sudah membangun bisnisnya. Pantaulah kejadian buruk apa yang mungkin menimpa mereka, lalu perhatikan bagaimana cara mereka mempertahankan usahanya.

Setiap orang memiliki masalahnya masing – masing, namun dengan memahami resiko yang mungkin akan muncul bisa membuat anda lebih waspada dan bersiap – siap untuk menghadapinya kelak bila kendala itu menimpa usaha anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *