Yuk, Kenali Masalah Kesehatan yang Beresiko Dialami Anak Pada Usia 1 Tahun

Yuk, Kenali Masalah Kesehatan yang Beresiko Dialami Anak Pada Usia 1 Tahun

Yuk, Kenali Masalah Kesehatan yang Beresiko Dialami Anak Pada Usia 1 Tahun

 

Ibu tentu selalu ingin si kecil bertumbuh kembang dengan baik bukan ? Begitu juga saat si kecil berusia 1 tahun. Tumbuh kembang anak 1 tahun juga berkaitan dengan daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh anak pastinya tidak sekuat orang dewasa. Apalagi saat anak masih dalam usia 1 tahun.

Daya tahan tubuh anak usia 1 tahun yang masih dalam tahap perkembangan ini membuat si kecil cukup rentan mengalami beberapa masalah kesehatan mulai dari yang biasa sampai dengan yang bisa menganggu proses optimalnya tumbuh kembang anak 1 tahun.

Penting untuk ibu mengenali beberapa gejala penyakit yang beresiko dialami oleh anak usia 1 tahun dengan tujuan agar ketika si kecil menunjukkan gejala-gejala salah satu penyakit tersebut, ibu dapat menanganinya segera sebelum sampai terjadi parah.

Lalu, apa saja masalah kesehatan yang beresiko dan cukup sering dialami oleh anak pada usia 1 tahun ? Berikut ini antara lainnya :

 

  • Batuk dan pilek.

Batuk pilek adalah sebuah masalah kesehatan yang lumayan sering terjadi menyerang anak. Apalagi kondisi daya tahan tubuh si kecil yang masih dalam masa perkembangan.

Beberapa kondisi yang pada umumnya terjadi saat si kecil mengalami batuk pilek adalah hidungnya yang berair, tersumbat dan bahkan juga diikuti dengan batuk serta demam.

Cara sederhana sebagai penanganan awalnya agar tidak terjadi semakin parah dan sampai menggangu tumbuh kembang anak 1 tahun adalah dengan memanfaatkan uap air panas. Caranya adalah siapkan air panas di dalam baskom yang telah diberi tetesan minyak essensial. Gendong si kecil dalam pangkuan dan dekatkan dengan air tersebut untuk si kecil menghidrup uapnya. Tetaplah berhati-hati agar si kecil tidak sampai terkena air yang panas.

  • Diare

Diare memang dari dulu selalu menjadi salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami masyarakat. Tidak terkecuali juga anak usia 1 tahun pun memiliki resiko mengalaminya.

Oleh sebab itulah disini peran orang sangat penting dalam mengawasi keseharian si kecil, baik dalam hal aktivitasnya sehari-hari ataupun asupan makanannya.

Langkah terbaik untuk pencegahan adalah pastikan selalu lingkungan terdekat si kecil, yakni rumah selalu bersih.

Berikan makanan yang bergizi seimbang.

  • Bahan Makanan

Bahkan makanan bergizi seimbang bukan hanya membantu si kecil terhindari dari diare saja, namun dapat menjauhkannya dari berbagai penyakit lainnya dan juga menjadikan daya tahan tubuh si kecil lebih kuat lagi. Selain itu juga asupan makanan bergizi seimbang pun memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak 1 tahun.

Dalam menunjang daya tahan tubuh anak supaya kuat secara optimal.

Ini juga masalah kesehatan yang beresiko dialami si kecil pada usia 1 tahun. Bahkan sedikitnya infeksi telinga terjadi 1 kali sebelum si kecil memasuki usia 3 tahun.

Pencegahan terbaik yang dapat dilakukan adalah berusaha untuk menjauhkan si kecil dari masalah radang tenggorokan maupun hidung, dimana kondisi tersebut dapat menjadi faktor penyebab infeksi telinga.

Sumber dikutip dari : https://www.generasimaju.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *